Incar Gen Z Sebagai Target Audiens? Ini Alasan TikTok Jadi Pilihan Tepat

Incar Gen Z Sebagai Target Audiens? Ini Alasan TikTok Jadi Pilihan Tepat

TikTok menjadi platform utama untuk menjangkau Gen Z berkat konten-konten kreatif dan autentik yang sesuai dengan preferensi mereka. Dengan format video singkat yang interaktif, TikTok mampu meningkatkan engagement dan brand awareness di kalangan audiens

Ervandra Rendy Pratama
Ervandra Rendy Pratama
Verified Writer - 08 Nov 2024

Tau ga sih guys, TikTok dirilis secara internasional pada September 2017 oleh ByteDance, yaitu sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari tiongkok. Nah, kemunculan TikTok ini sebenarnya juga sejalan dengan pertumbuhan Generasi Z yang akhir-akhir ini mulai banyak mengambil peran dalam kehidupan. For your informatian aja buat sobat Publish, tahun kelahiran Gen Z dimulai pada 1997 sampai dengan 2012, maka orang-orang yang saat ini berusia antara 12 tahun sampai 27 tahun termasuk bagian dari Generasi Z.

Gen Z dikenal sebagai kelompok usia yang cenderung konsumtif, terutama untuk produk skincare dan bodycare, fashion, makanan atau minuman, serta produk teknologi. Ini menjadikan Gen  Z sebagai audiens di TikTok yang sangat strategis bagi Sobat Publish yang ingin memasarkan produk, terutama untuk kategori tersebut.

Nah disini minblish bakalan kasih informasi kenapa TikTok jadi pilihan yang tepat untuk incar Gen Z sebagai target audiens. Simak sampai habis!.

Popularitas TikTok di Kalangan Gen Z

Dilansir dari Databoks, TikTok telah menjadi platform sosial yang sangat populer dikalangan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 34% pengguna TikTok berusia antara 18 sampai 24 tahun. Gen Z menggunakan TikTok sebagai sumber utama untuk mencari informasi dan mengikuti tren terkini, bahkan lebih sering jika dibandingkan dengan pltform lain seperti Instagram atau youtube. Melihat banyaknya aktivitas Gen Z di TikTok ini, menjadi peluang bagi brand untuk menggaet audiens Gen Z yang lebih banyak dari platform ini.

Pengaruh Pada Keputusan Pembelian

Konten yang ada pada platform TikTok meiliki pengaruh terhadap keputusan penggunanya termasuk Gen Z. Dalam laporan Sisi By Katadata disebutkan sekitar 49% dari Gen Z di Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, menyatakan bahwa mereka menggunakan TikTok sebagai referensi sebelum melakukan pembelian. Konten dari influencer seperti video review produk maupun endorsement langsung merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk mempengaruhi keputusan Gen Z tersebut.

Durasi Penggunaan Yang Tinggi

Pengguna platform TikTok rata-rata menghabiskan waktu sekitar 52 menit per hari untuk sekedar menonton video atau berinteraksi langsung dengan konten tersebut baik berupa like, komen maupun share. TikTok menjadi salh satu aplikasi dengan keterlibatan tertinggi di Indonesia karena menyajikan video pendek yang mudah dipahami dan seringkali menghibur. Banyaknya waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton konten TikTok ini menjadi peluang bagi brand untuk mempromosikan produknya.

Efektivitas Iklan Di TikTok

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang telah sukses mempengaruhi peenggunanya untuk terlibat dengan iklan. Dalam survei yang digelar Sisi By Katadata, sebanyak 72% pengguna TikTok menganggap iklan yang ada pada platform ini lebih menarik jika dibandingkan instagram, youtube, maupun platform yang lain. Sebuah brand dapat menjadikan TikTok sebagai media promosi yang strategis melalui konten yang interaktif dan menyesuaikan dengan tren sesuai dengan gaya konsumsi Gen Z.

TikTok telah terbukti menjadi platform yang sangat efektif untuk menjangkau audiens Gen Z, yang merupakan kelompok usia dengan pola konsumsi yang cenderung tinggi, terutama untuk produk seperti skincare, fashion, makanan, dan teknologi. Popularitas TikTok di kalangan Gen Z, yang menghabiskan banyak waktu di platform ini, memberi peluang besar bagi brand untuk memanfaatkan engagement yang tinggi. Selain itu, pengaruh TikTok terhadap keputusan pembelian Gen Z melalui konten kreatif dan endorsement influencer semakin menguatkan posisi TikTok sebagai pilihan utama untuk pemasaran produk.

Untuk Sobat Publish yang ingin meningkatkan pemasaran produk melalui platform ini, kini saatnya bekerja sama dengan Publish Agency. Kami hadir untuk membantu Anda memaksimalkan promosi di TikTok dengan dukungan lebih dari 1000 kreator berpengalaman dan jaringan yang luas.

Dengan kreativitas dan strategi yang tepat, kami dapat membantu produk Anda mencapai audiens yang tepat dan membangun keterlibatan yang kuat. Publish Agency akan membantu Anda mulai dari merancang konten interaktif hingga menghubungkan produk Anda dengan kreator yang sesuai.

Mari bersama Publish Agency, kita buat produk Anda menjadi viral dan lebih dekat dengan Gen Z!

Leave a reply

ADS